Selasa, 30 April 2013

TUJUAN & SASARAN


TUJUAN 

Secara umum MA YA ‘ABIDI mengacu kepada Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu menghasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berbudi luhur, berkepribadian, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, disiplin, beretos kerja, profesional, bertangungg jawab, produktif, sehat rohani dan jasmani, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, kesetiakawana sosial, kesadaran akan sejarah bangsa, dan sikap menghargai pahlawan serta berorientasi masa depan.

Adapun secara khusus MA YA ‘ABIDI bertujuan menghasilkan keluaran pendidikan yang memiliki keunggulan dalam hal-hal berikut;
  1. Keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan YME sebagai sekolah yang bercirikhas Islam.
  2. Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi.
  3. Wawasan IPTEK yang mendalam dan luas.
  4. Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan serta memiliki kepribadian yang kokoh dengan melibatkan peran serta lingkungan pondok pesantren dan mayarakat.
  5. Kepekaan sosial dan kepedulian.
  6. Disiplin yang tinggi yang ditunjang oleh kondisi fisik yang prima.


SASARAN


Sasaran yang ingin dicapai oleh MA YA ‘ABIDI adalah:
  1. Menjadi institusi pendidikan yang berkualitas, mampu menyelenggarakan pendidikan secara profesional, dan menyiapkan peserta didik untuk meraih kelulusan yang memiliki kesiapan baik untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi maupun jalur karir lain dan bekerja.
  2. Sebagai institusi pendidikan yang mampu medemonstrasikan proses pembelajaran yang komprehensif dan memfokuskan kegiatannya pada upaya memfasilitasi proses belajar siswa yang aktif, dinamis dan inovatif.
  3. Sebagai institusi pendidikan yang mampu menyebarluaskan kinerja profesionalnya bagi pembinaan dan pengembangan dan pengelolaan madrasah lain yang sejenis, baik negeri maupun swasta melalui implementasi program PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama).
  4. Mampu memeransertakan potensi masyarakat secara fungsional, proporsional dan integratif demi pengoptimalan pembinaan dan pengembangan lembaga pendidikan yang berkualitas.
  5. Merupakan lembaga pendidikan yang disegani oleh masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar